Penis Terasa Panas? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya - Toko69

Penis Terasa Panas? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya

Oleh. abereyhan
31 December 2020 (7:56 PM)
Bagikan

Kondisi penis terasa panas tentunya bisa menyebabkan Anda merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jika dibiarkan, kondisi ini ditakutkan dapat mengganggu fungsi seksual Anda.Penyebab penis terasa panas cukup beragam, tidak hanya karena penyakit menular seksual saja. Kondisi ini dapat ditangani berdasarkan penyakit yang menyebabkannya.

8 penyebab penis terasa panas

Penis terasa panas biasanya terjadi saat buang air kecil dan disertai dengan gejala lainnya, seperti pembengkakan dan kulit gatal-gatal.Beberapa jenis infeksi dapat menyebabkan sensasi terbakar pada penis. Meski berbahaya, sebagian besar infeksi tersebut dapat diatasi dengan obat antibiotik.

1. Gonore

Gonore adalah penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan penis terasa panas. Menurut studi, gonore paling sering dirasakan oleh remaja/dewasa muda dalam rentang usia 15-24 tahun.Penis terasa panas akibat gonore umumnya muncul saat sedang buang air kecil. Selain itu, gonore juga bisa menyebabkan penis membengkak dan mengeluarkan cairan.Dokter dapat memberikan obat-obatan antibiotik berupa suntikan ceftriaxone dan azithromycin oral untuk menyembuhkan gonore.

2. Infeksi saluran kemih

Salah satu gejala umum infeksi saluran kemih adalah sensasi terbakar saat buang air kecil. Ditambah lagi, penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini dapat membuat penderitanya sering kebelet kencing.Sebelum memberikan obat antibiotik, dokter harus mencari tahu dulu jenis bakteri yang menyebabkannya. Lamanya pengobatan akan tergantung dari tingkat keparahan infeksinya. Mengonsumsi air putih lebih teratur juga dapat melancarkan proses pengobatan penyakit ini.

3. Uretritis

Uretritis adalah peradangan pada uretra (tabung yang membawa air kencing dari kandung kemih keluar tubuh). Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri.Selain penis terasa panas, uretritis juga bisa menyebabkan kemerahan di sekitar uretra, keluarnya cairan kuning dari uretra, darah pada air kencing dan sperma, hingga gatal-gatal.Dokter bisa memberikan obat antibiotik doxycycline oral selama 7 hari beserta ceftriaxone injeksi atau cefixime oral. Selain itu, obat azithromycin dosis tunggal juga bisa diresepkan.

4. Infeksi jamur

Infeksi jamur dapat sebabkan penis terasa panasTidak hanya vagina, ternyata infeksi jamur juga bisa menyerang penis. Infeksi jamur penis bisa terjadi akibat hubungan seksual dengan orang yang terjangkit infeksi jamur.Infeksi jamur dapat menyebabkan penis terasa panas, penis gatal, ruam kulit, hingga keluarnya cairan berwarna putih. Berbagai obat antijamur dapat menyembuhkannya, seperti clotrimazole, imidazole, dan miconazole.Jika infeksi jamurnya sudah serius, dokter dapat memberikan kombinasi fluconazole dengan krim hidrokortison.

5. Prostatitis

Saat kelenjar prostat meradang dan membengkak, kondisi ini disebut sebagai prostatitis. Biasanya, prostatitis disebabkan oleh bakteri dalam urine yang bocor sampai ke prostat.Prostatitis dapat menyebabkan rasa nyeri dan sensasi panas saat kencing, sulit buang air kecil, sering kebelet kencing, urine yang keruh dan berdarah, hingga sakit saat ejakulasi.Kemungkinan besar dokter akan meresepkan obat antibiotik. Dalam beberapa kasus, dokter juga bisa memberikan obat penghambat alfa untuk mengatasi rasa tidak nyaman saat kencing.

6. Kanker penis

Dalam kasus yang sangat langka, kanker penis dapat menyebabkan penis terasa panas. Kanker penis juga dapat mengakibatkan perubahan warna, rasa nyeri, hingga penebalan kulit pada penis.Kanker penis umumnya diatasi dengan prosedur operasi. Terkadang, terapi radiasi juga dilakukan. Jika sel kankernya sudah menyebar, dokter dapat menganjurkan kemoterapi untuk mengobati penyakit ini.

7. Klamidia

Klamidia adalah penyakit menular seksual yang dapat dirasakan pria maupun wanita. Kondisi medis ini dapat ditularkan lewat hubungan seksual yang tidak aman.Saat buang air kecil, penderita klamidia dapat merasakan sensasi terbakar pada penisnya. Tidak hanya itu, penyakit ini dapat menyebabkan penis membengkak dan mengeluarkan cairan.Dokter akan memberikan obat-obatan antibiotik. Selama menjalani proses penyembuhan, pasien klamidia disarankan untuk tidak berhubungan intim dulu.

8. Batu ginjal

Batu ginjal pun bisa mengakibatkan penis terasa panasBatu ginjal adalah hasil dari produk limbah dalam urine yang berubah menjadi kristal. Di saat kristal ini menumpuk, tubuh akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkannya lewat urine.Biasanya, kristal ini akan mengendap di ginjal atau pindah ke uretra dan menyebabkan rasa sakit. Jika ukurannya kecil, batu ginjal akan keluar sendirinya lewat urine. Namun, jika ukurannya besar, dibutuhkan prosedur pembedahan untuk mengeluarkannya.

Catatan dari SehatQ:

Penis terasa panas adalah kondisi medis yang harus segera ditangani. Sebab, rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya dapat mengganggu aktivitas dan fungsi seksual pria.Cobalah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!

Sumber @sehatq.com

 35 total views,  5 views today

Terakhir disunting : 2 weeks yang lalu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

×

Butuh bantuan?

×

×

Toko69 Toko69

Dapatkan! Info & Produk Terbaru

melalui media sosial Toko69 :
Subscribe    

×


× Marketing
Marketing dari jakarta telah memesan Herbal Glucoactive
2 weeks lalu.. Lihat

×

×

Belum ada produk..
    Subtotal:

    * Belum termasuk ongkir..
    %0A%0A— — — — — — — — — — —%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0ASubtotal : **%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0A


    Catatan : Total harga + ongkir yang harus dibayar akan diinformasikan oleh admin Toko69, setelah mengirim data pesanan.

    Kirim Pesanan